Bagian-Bagian Daun, Fungsi Daun dan Morfologi Daun

loading...

Salah satu organ tumbuhan yang sangat penting dalam kehidupan tumbuhan adalah daun. Mengapa daun penting bagi tumbuhan ? daun merupakan tempat terjadinya proses fotosintetis yang menghasilkan bahan makanan untuk pertumbuhan tumbuhan, dan bukan hanya itu. Tanpa adanya daun, tumbuhan tidak akan mampu menghasilkan bahan makanan sehingga makhluk hidup lainnya seperti manusia dan hewan tidak memiliki sumber makanan kemudian mati. Oleh karena itu, tumbuhan merupakan salah satu ciptaan Allah yang perannya sangat vital dalam kehidupan di permukaan bumi. Daun memiliki peran yang sangat vital seperti halnya akar, batang, dan bunga.
Proses fotosintetis terjadi di daun karena daun memiliki jaringan parenkim yang mengandung klorofil. Selain klorofil, di dalam daun terdapat kloroplas ( sel pembentuk klorofil ), epidermis, dan berkas pembuluh angkut ( xilem dan floem ). Secara sepintas, tampak adanya perbedaan antara struktur daun dan batang.
Untuk mengetahui itu, maka kita harus tahu bagian-bagian daun

Bagian-Bagian Daun, Fungsi Daun dan Morfologi Daun
sumber gambar : perrpustakaancyber.blogspot.com

Bagian-bagian daun


a.    Epidermis
Epidermis pada daun merupakan sel-sel yang tersusun dari satu lapisan sel, yang dinding selnya mengalami penebalan. Penebalan dinding sel pada daun dapat disebabkan oleh zat kitin ( kutikula ) atau lignin. Pada kebanyakan tumbuhan , lapisan epidermis daunnya hanya terdiri dari satu lapisan sel, kecuali pada daun tumbuhan ficus ( sebangsa beringin ). Pada tumbuhan ficus, epidermis tersusun atas dua lapisan sel epidermis.
Epidermis daun memiliki suatu celah yang berfungsi sebagai tempat pertukaran gas yang disebut dengan stomata atau mulut daun. Stomata terletak pada daun dengan diapit oleh dua sel penutup dan dikelilingi oleh sel tetangga. Stomata terdapat di kedua permukaan daun, tetapi kebanyakan terdapat di permukaan bagian bawah dan adapula yang hanya ada pada permukaan bawah.
Lain halnya dengan tumbuhan air seperti teratai yang memiliki stomata hanya ada pada permukaan atas daun. Di samping stomata, daun juga memiliki alat-alat tambahan yang berasal dari modifikasi epidermis, misalnya trikoma (rambut daun), sel kipas, duri, dan lain-lain.

b.    Mesofil
Mesofil merupakan lapisan jaringan pada daun yang tersusun atas sel-sel parenkim. Susunan sel-sel parenkim pada dau keadaannya renggang sehingga banyak menghasilkan ruang antarsel. Pada tumbuhan dikotil mesofil sering kali berdiferesiasi menjadi jaringan lain yaitu jaringan palisade ( jaringan tiang ) dan jaringan spons ( jaringan bunga karang ). Pada rumput-rumputan dan golongan tumbuhan monokotil, mesofil tidak mengalami diferensiasi, tetapi seragam, kecuali mesofil pada sarung berkas pembuluh angkut monokotil. Di samping itu, pada tumbuhan monokotil sel-sel mesofil pada berkas pembuluh angkutnya berukuran lebih besar dan kandungan kloroplasnya sedikit dengan keadaan dinding sel yang lebih tebal.

baca juga :
bagian-bagian bunga pada tumbuhan
Pada tumbuhan dikotil, sel-sel jaringan tiang mesofilnya berbentuk silinder, susunannya rapat, dan mengandung klorofil. Umumnya jaringan tiang pada dikotil terletak di bagian permukaan atas daun, tetapi ada pula yang terletak di kedua bagian permukaan daun, disebut dengan isobilateral. Selain itu, jaringan tiang ada pula yang terdapat di seluruh permukaan perifer daun, yaitu pada daun-daun yang memiliki bentuk silinder.
Struktur daun lainnya adalah adanya jaringan bunga karang. Jaringan bunga karang tersusun atas sel-sel yang bentuknya tidak teratur, bercabang-cabang, dan mengandung kloroplas.

c.    Berkas pembuluh angkut
Berkas pembuluh angkut di daun terdapat pada pertulangan daun. Tipe berkas pembuluh angkut daun, sama dengan yang terdapat pada tulang batang. Tulang-tulang yang terdapat pada daun selain berfungsi untuk alat transportasi juga memberi bentuk pada daun dan memperkuat daun.

d.    Jaringan tambahan
Pada beberapa tumbuhan mesofilnya mengandung sel-sel yang khas, seperti saluran getah, sel-sel kristal, dan kelenjar. Setiap sel-sel yang khas itu memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Fungsi daun

Beberapa fungsi daun yang perlu kita ketahui adalah :
1.    Sebagai tempat terjadinya proses fotosintetis
2.    Sebagai tempat menghasilkan bahan makanan

Morfologi daun


Di samping anatominya, yang perlu kita ketahui dalam mempelajari daun adalah bentuk luar daun atau morfologi daun. Secara morfologi, kelengkapan daun terdiri dari bagian-bagian yang  berupa upih daun, tangkai daun, pelepah daun, dan bagian helaian daun.
Sifat atau ciri-ciri daun yang perlu kita perhatikan adalah bentuk keseluruhan daun, bentuk ujung daun, pangkal daun, dan tepi daun, serta bentuk pertulangannya.
loading...