Peranan Virus dalam Kehidupan

Sesuatu yang bersifat racun tidak selamanya merugikan. Begitu pula dengan virus. Dalam beberapa hal racun dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit tertentu, seperti racun atau bisa dari ular kobra. Dalam kehidupan manusia, virus memiliki peranan yang menguntungkan dan juga merugikan. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai peranan virus dalam kehidupan.

 

Manfaat virus yang menguntungkan


Peristiwa perubahan sifat DNA pada virus dimanfaatkan oleh para peneliti untuk menghasilkan  sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, antara lain :
 

1.    Pembuatan antitoksin
 
Antitoksin dimanfaatkan untuk melawan penyakit pada tubuh manusia. Contohnya adalah toksin tetanus. Toksin tersebut digunakan untuk mencegah penyakit tetanus pada manusia. Toksin itu biasanya diberikan kepada calon pengantin dan  ibu hamil. Bagi orang yang telah mengidap tetanus, diberikan ATS (Anti Tetanus Serum) untuk mengobatinya.
 

2.    Memproduksi vaskin
 
Vaskin adalah bibit penyakit yang telah dilemahkan, sehingga tidak akan berbahaya jika menyerang manusia. Vaksin dibutuhkan oleh manusia untuk memperoleh kekebalan tubuh (antibodi). Apabila suatu saat manusia terserang penyakit, tubuh manusia tersebut telah memiliki kekebalan karena di dalam tubuhnya telah diproduksi antibodi dari bibit penyakit tersebut. Contoh adalah vaksin polio, cacar, dan campak.
 

3.    Melemahkan bakteri
 
Virus yang menginfeksi bakteri patogen adalah virus yang menguntungkan. Apabila virus menginfeksi bakteri patogen, maka DNA virus tersebut  akan merusak DNA bakteri sehingga sifat patogen bakteri rusak. Dengan demikian, bakteri menjadi melemah dan tidak berbahaya lagi. Contohnya adalah bakteri difteri yang semula berbahaya akan melemah jika di dalamnya tersambung virus profage.

 
peranan virus dalam kehidupan

Peranan virus yang merugikan


Sesuai dengan namanya yang berarti cairan beracun, virus umumnya bersifat merugikan. Virus dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan.
 
Beberapa virus yang menyebabkan penyakit pada manusia antara lain :
  1. Virus corona, menyebabkan penyakit SARS (Severe Accute Respiratory Syndroms), yaitu sejenis penyakit saluran pernapasan.
  2. Tagovirus (Flavovirus), menyebabkan penyakit demam berdarah.
  3. HIV (Human Imunodeficiency Virus) yang menyebabkan penyakit AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome)
Beberapa virus yang menyebabkan penyakit pada hewan antara lain :
  1. Rous Sarcoma Virus (RSV), menyebabkan penyakit kanker pada ayam.
  2. Rhapdovirus, menyebabkan penyakit rabies pada vertebrata, seperti anjing dan kera.
  3. Polyma, menyebabkan tumor pada hewan.

Beberapa virus yang menyebabkan penyakit pada tumbuhan antara lain :
  1. Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD), menyebabkan penyakit pada tanaman jeruk.
  2. Virus tungro, menyebabkan penyakit pada tanaman padi dengan vektor berupa wereng cokelat dan wereng hijau.
  3. Virus mozaik, menyebabkan bercak kuning pada tembakau.

Saat ini, ada tiga virus yang dianggap paling berbahaya di dunia, yaitu :
 
  1. Virus HIV, yaitu virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia dan hingga saat ini obatnya belum ditemukan. Konon katanya, tumbuhan merah di Papua bisa mengobati penyakit AIDS yang disebabkan virus HIV ini. jika terjangkit virus ini, maka kematian siap menjemput kapan saja.
  2. Virus Ebola, Hanta, dan Demam Berdarah, ketiga virus ini menyerang tubuh manusia melalui virus yang menyebar bersama darah korban. Virus ini menyebar melalui udara bebas dan kotoran hewan.
  3. Virus rabies, memiliki dampak yang sangat berbahaya, seperti berbusa di mulut, kesulitan menelan, takut air, kemarahan, delusi, dan halusinasi adalah dampak langsung virus ini. penyebaran virus ini melalui air liur hewan (biasanya melalui gigitan anjing). Jika virus rabies menyerang saraf, maka akan sangat mematikan jika sampai ke otak.

Ada begitu banyak virus yang sangat berbahaya di luar sana, seperti virus H5N1 yang menyebabkan penyakit flu burung, virus H1N1 yang menyebabkan flu babi, dan yang terbaru adalah virus zika yang menyebabkan mengecilnya volume otak pada bayi.

Demikianlah penjelasan mengenai peranan virus dalam kehidupan. Meskipun virus terlihat lebih banyak memiliki dampak berbahaya, ternyata virus juga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.